UPDATE RUNNING TEXT MENGGUNAKAN MODUL WIFI
ANDI, ADI, BAYU, NIKMATUL
PROGRAM STUDI TEKNIK KOMPUTER
JURUSAN TEKNOLOGI INFORMASI
POLITEKNIK
NEGERI JEMBER
2018RINGKASAN
Update Running
Text Menggunakan Modul Wifi Berbasis Arduino di
Kusuma Agrowisata.
Update Running Text Menggunakan Modul Wifi Berbasis Arduino Sebagai
Media Penunjuk Arah di Kusuma Agrowisata merupakan sebuah inovasi yang
digunakan untuk meng-update informasi
secara efisien dan cepat. Dalam hal ini, pemanfaatan modul wifi sangatlah memudahkan pengguna untuk selalu bisa update informasi terbaru. Dengan kata lain, disini modul wifi berfungsi sebagai media transfer data yang
dikirimkan dari komputer ke rangkaian running
text. Informasi running text ini dapat di update dengan
mengkoneksikan komputer ke jaringan wifi, sehingga komputer
mendapatkan ip dari wifi tersebut. Rangkaian running text sendiri terdapat modul LAN HR911105A sebagai penerima transfer
data yang dikirimkan oleh komputer menggunkan aplikasi Packet Sender. Kemudian data akan diolah
oleh Arduino yang mempunyai kemampuan mengolah data, sehingga
nantinya data akan tampil dalam running
text. Alat ini diharapkan dapat mempermudahkan pengguna untuk mengganti
informasi pada running text melalui komputer dengan koneksi wifi.
BAB 1. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
PT Kusuma Satria Dinasasri Wisatajaya merupakan bentuk usaha agribisnis yang secara
harfiah dapat diartikan sebagai salah satu bentuk objek wisata yang menonjolkan usaha pertanian
sebagai ciri khas dan dapat mendukung fungsinya sebagai tempat wisata. PT Kusuma muncul pertama kali pada tahun 1989 dengan nama PT
Panderman Indera Jaya, kemudian pada tanggal 21 Mei 1990 berganti nama menjadi PT Kusuma Satria
Dinasasri Wisatajaya. Perusahaan ini merupakan perusahaan keluarga yang dimiliki oleh Ir. Edy Antoro,
seorang sarjana jurusan Agronomi, Universitas Negeri Jember. Untuk pertama kalinya perusahaan ini mengawali usaha di bidang agrowisata dengan mencoba untuk mengolah
kebun apel seluas empat hektar pada tahun 1989. Pada periode 1998-2000 perusahaan menambah jenis tanaman untuk agrowisata yaitu stroberi dan
juga menambah jumlah greenhouse untuk sayur dan tanaman jenis hidroponik lainnya.
Meningkatnya perkembangan teknologi yang semakin modern dapat berdampak positif bagi kalangan pengusaha.
Salah satu perkembangan teknologi yang dapat dimanfaatkan yaitu penggunaan
running text. Penggunaan running text di PT Kusuma Satria Dinasasri Wisatajaya sangatlah dibutuhkan karena total
luas arealnya kurang lebih sekitar 60 hektar. Selain digunakan sebagai media
informasi running text disini dibutuhkan sebagai petunjuk/arah bagi wisatawan
mengingat luasnya areal tersebut. Running text sendiri merupakan salah satu media publikasi digital yang terdiri atas LED (Light
Emitting Diode) yang disusun rapat dengan pola teratur dan terdapat titik
koordinat di tiap LEDnya, sehingga dapat dibuat pola pemunculan cahaya seperti tulisan, petunjuk maupun gambar tertentu.
Bedasarkan permasalah tersebut, maka akan dibuat Update Running Text Menggunakan Modul Wifi Berbasis Arduino di Kusuma Agrowisata, dimana pengguna running text tidak perlu
khawatir akan pergantian informasi/petunjuk yang terbaru. Modul wifi disini
berfungsi untuk media transfer data yang dikirimkan dari komputer ke rangkaian running
text.
1.2 Tujuan dan Manfaat
Penulisan Laporan Praktek Kerja Lapang ini ada 2 (dua) tujuan, yaitu tujuan umumnya dan tujuan khusus, dan dapat dijelaskan sebagai berikut:
1.2 Tujuan dan Manfaat
Penulisan Laporan Praktek Kerja Lapang ini ada 2 (dua) tujuan, yaitu tujuan umumnya dan tujuan khusus, dan dapat dijelaskan sebagai berikut:
1.2.1 Tujuan Umum PKL
Tujuan Umum dan Praktek Kerja Lapang
ini adalah:
1. Menambah pengetahuan
mahasiswa terhadap aspek – aspek di dalam dunia kerja.
2. Melatih mahasiswa untuk
berfikir kritis pada perbedaan pengajaran secara teori dan praktek.
1.2.2 Tujuan Khusus PKL
Tujuan khusus kegiatan
Praktek Kerja Lapang (PKL) ini adalah:
1. Melatih para Mahasiswa mengerjakan pekerjaan lapangan,
dan sekaligus melakukan serangkaian keterampilan yang sesuai dengan bidang
keahliannya mengikuti perkembangan ipteks;
2. Menambah kesempatan bagi mahasiswa memantapkan
keterampilan dan pengetahuannya untuk menambah kepercayaan dan kematangan dirinya;
3. Melatih para mahasiswa berfikir kritis dan menggunakan
daya nalarnya dengan cara memberi komentar logis terhadap kegiatan yang
dikerjakan dalam bentuk laporan legiatan yang sudah dibukukan;
1.2.3 Manfaat PKL
Manfaat dari Praktek Kerja Lapang ini adalah:
1. Melatih kemandirian
mahasiswa untuk bertanggung jawab terhadap suatu permasalahan yang ada di dunia
kerja.
1.3 METODE PELAKSANAAN
Metode yang digunakan dalam pelaksanaan Praktek Kerja Lapang ini adalah
sebagai berikut :
1. Metode
Diskusi dilakukan antara mahasiswa dengan Tim yang ada di PT
Kusuma Satria Dinasasri Wisatajaya.
2. Metode dokumentasi kegiatan
sehari-hari di tempat praktek kerja lapang dan buku BKPM dari Politeknik Negeri Jember.
BAB 2. RINGKASAN KEGIATAN
2.1 Pembuatan Program Master di Arduino Uno
Pemrograman dalam dunia komputer tidak pernah akan terpisahkan. Dilihiat dari fungsinya suatu alat atau robot dapat bergerak sesuai kebutuhan dengan cara menanamkan program di dalamnya. Sama halnya seperti manusia yang di beri otak sebagai penggerak seluruh tubuh serta sebagai alat sensor terhadap perasaan. Dalam hal ini pembuatan program master pada rangkaian running text p10 digunakan sebagai otak pengendali rangkaian. Berikut contoh pembuatan program Master pada Arduino ditunjukkan pada gambar dibawah ini.
Pemrograman dalam dunia komputer tidak pernah akan terpisahkan. Dilihiat dari fungsinya suatu alat atau robot dapat bergerak sesuai kebutuhan dengan cara menanamkan program di dalamnya. Sama halnya seperti manusia yang di beri otak sebagai penggerak seluruh tubuh serta sebagai alat sensor terhadap perasaan. Dalam hal ini pembuatan program master pada rangkaian running text p10 digunakan sebagai otak pengendali rangkaian. Berikut contoh pembuatan program Master pada Arduino ditunjukkan pada gambar dibawah ini.
Gambar: Program Master Pada Arduino IDE
Dimana dalam program tersebut terdapat "EthernetServer(1314) dan DeviceIP" yang fungsinya digunakan sebagai penentu port master dan alamat ip untuk proses pengiriman perintah pada running text p10. DeviceIP didapatkan dengan menghubungkan komputer ke jaringan wifi yang nantinya digunakan sebagai jalur koneksi. Berikut contoh DeviceIP yang didapatkan pada serial monitor Arduino ditunjukkan pada Gambar dibawah ini:
Gambar: Device IP pada Serial Monitor Arduino
2.2 Merangkai Keseluruhan Rangkaian Master dan Rangkaian
Slave pada Running Text
Penggabugan
keseluruhan rangkaian Master dan Slave pada rangkaian running text bertujuan
untuk menjalankan program yang telah selesai. Penggabungan ini melihat apakah
program dapat berjalan sesuai perintah yang diinginkan untuk menampilkan media
penunjuk arah serta tulisan pada running text. Rangkaian Master disini
menggunakan Arduino Uno serta dilengkapi modul LAN HR911105A sebagai penerima data transfer dari computer,
sehingga nantinya data akan diolah oleh Arduino Uno, kemudian akan diteruskan
ke rangkaian Slave yang menggunakan Arduino Nano. Sedangkan untuk rangkaian
running text p10 mebutuhkan power supply sebagai penyuplai daya dan kabel IDE
sebagai penghubung ke rangkaian Slave. Berikut penggabungan keseluruhan rangkaian master dan rangkaian slave ditunjukkan pada Gambar di bawah ini
Gambar: Proses Uji Coba Rangkain P10
Komentar
Posting Komentar